Tips Mengatasi Rasa Sedih dan Galau

Sedih adalah hal manusiawi yang wajar dialami oleh setiap orang. Bersedih memang tidak dilarang, namun sedih yang berkepanjangan memberi pengaruh tidak baik dalam hidup anda. Berikut beberapa tips untuk membantu anda mengatasi masa sulit dan kembali bersemangat.

1. Menangis

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menangis mungkin memiliki efek relaksasi pada tubuh dengan melepaskan endorfin yang memberi anda rasa nyaman. Menangis juga dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang membantu tubuh Anda pulih dari stres dan trauma. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menangis adalah mekanisme koping yang berguna karena mengkomunikasikan rasa sakit kepada orang lain.

2. Olahraga

Satu studi menunjukkan bahwa peserta yang melakukan olahraga ringan selama periode 10 minggu merasa lebih energik, positif, dan tenang daripada mereka yang tidak. Selain itu, manfaat olahraga lebih besar bagi orang yang mengalami mood depresi. Latihan juga akan memberi anda waktu untuk fokus pada satu tujuan tertentu. Hal ini dapat membantu mengalihkan perhatian anda dari memusatkan perhatian pada kesedihan anda. Anda tidak perlu berlari maraton untuk melihat manfaat olahraga. Bahkan kegiatan ringan seperti berkebun dan berjalan menunjukkan efek positif.

3. Senyum

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tersenyum, bahkan saat anda sedih, dapat membantu Anda merasa lebih baik. Tersenyum melibatkan otot mata anda dan juga organ-organ di sekitar mulut membantu pelepasan endorfin sehingga  memberi efek positif pada suasana hati anda. Jadi jika anda merasa sedih, cobalah tersenyum. Bahkan jika anda tidak merasa seperti itu pada awalnya, ini mungkin akan membantu Anda merasa lebih positif. Penelitian juga menunjukkan hal yang sebaliknya: orang yang cemberut saat merasa tidak senang cenderung merasa lebih tidak bahagia daripada mereka yang selalu tersenyum.

4. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik bisa membantu menenangkan dan rileks. Mengapa Anda memilih untuk mendengarkan musik sama pentingnya dengan apa yang Anda dengarkan. Mendengarkan musik klasik “cantik tapi menyedihkan” yang Anda nikmati dapat membantu orang bekerja melalui kesedihan mereka sendiri. Ini bukan ide bagus untuk menggunakan musik untuk mengenang situasi atau pengalaman yang menyedihkan. Penelitian telah menunjukkan bahwa ini mungkin membuat kesedihan Anda semakin buruk. Memilih musik yang Anda temukan cantik adalah cara paling efektif untuk menghilangkan kesedihan. Jika kesedihan membuat Anda merasa tertekan, British Academy of Sound Therapy telah mengumpulkan daftar putar musik “paling santai di dunia” menurut sains. Lagu-lagu ini termasuk musik oleh Enya, Airstream, Marconi Union, dan Coldplay.

Demikian beberapa tips ringan dari trikdantips dot com, semoga bermanfaat terimakasih telah berkunjung ke web kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *